Budi Daya Kurma di Tanah Karo dengan Temperatur Udara Dingin

Eri Samah, Elly Afrida

Abstract


Pohon kurma atau dengan nama ilmiah Phoenix dactylifera merupakan salah satu tanaman yang sering ditemukan di daerah Timur Tengah. Penulis akan membahas tentang budi daya pohon kurma di daerah dengan tempertur udara dingin. Metode penelitian yang digunakan pada penulisan artikel ilmiah ini yaitu metode penelitian deskriptif yaitu metode yang dilakukan untuk mengetahui gambaran, keadaan, suatu hal dengan cara mendeskripsikannya sedetail mungkin berdasarkan fakta yang ada. Adapun kesimpulan dari tulisan ini yaitu: 1) Budi daya pohon kurma di daerah dengan temperatur udara dingin dapat dilakukan dan dengan kwalitas dan hasil yang tidak jauh berbeda dengan udara panas seperti di timur tengah. Tentunya dengan melakukan beberapa tahapan termasuk pemilihan bibit. 2) Sebagai bukti keberhasilan budidaya pohon kurma di daerah dengan temperatur udara dingin yaitu budi daya yang telah dilakukan Bapak Bena Ukur Tarigan di Tanah karo tepatnya di Kuta Mbaru, Kec. Tiganderket, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.
Kata Kunci: Budi Daya; Kurma; Temperatur; Udara Dingin.

Full Text:

PDF

References


Sugiyono. 2018. Metode Peneltian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi. (2019). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Roswita Oesman, Rahmaniah Rahmaniah (2021); Sosialisasi Cara Membuat Sabun Cair untuk Rumah Tangga di Gang Fortuna Kelurahan Timbang Deli, Kecamatan Medan Amplas; J-LAS (Journal Liaison Academia and Society);V.1,No.2;(47-53).

Surya Irawan, K Tampubolon, ELAZHARI (2021), Pelatihan Pembuatan Pupuk Cair Organik Dari Air Kelapa Dan Molase, Nasi Basi, Kotoran Kambing Serta Activator Jenis Produk EM4; J-LAS (Journal Liaison Academia and Society);V.1,No.2;(1-18).

Rahmaniah Rahmaniah, Ida Zulfida, roswita oesman (2021), Karakteristik Status Kesuburan Tanah Pada Lahan Pekarangan Dan Lahan Usahan Tani Di Kecamatan Rantau Selatan; J-LAS (Journal Liaison Academia and Society);V.1,No.1;(10-18).

Balai Besar Pelatihan Peternakan, BBPP. "Pupuk Organik Cair". Diarsipkan dari versi asli tanggal 2020-02-01. Diakses tanggal 1 Februari 2020.

Ida Zulfida, dkk (2021), Pelatihan Pemanfaatan Tera Box Cloud Dalam Menunjang Kegiatan Mengajar Dosen; J-LAS (Journal Liaison Academia and Society);V.1,No.2;(53-60).

https://www.jendeladunia16.com/2022/04/kebun-kurma-di-tanah-karo-satu-satunya.html

https://www.99.co/blog/indonesia/cara-menanam-kurma-di-indonesia/

Gambar 3. Foto Observasi penulis

Gambar 4. Foto Observasi penulis




DOI: https://doi.org/10.58939/afosj-las.v2i2.259

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

AFoS J-LAS (All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety)

Jurnal Penelitian berbagai bidang ilmu.
Publisher: Lembaga Komunikasi dan Informasi Dosen (LEMKOMINDO) https://lemkomindo.org/


e-ISSN. 2776-2408 ; p-ISSN 2798-9267 

 Jurnal is licensed under CC BY-NC-SA 4.0