Peran Manajemen Arsip dalam Pengamanan Data Base

Chairina Chairina, Limega Candrasa

Abstract


Basis data atau database, berasal dari kata basis dan data, adapun pengertian dari kedua pengertian tersebut adalah Basis: dapat diartikan sebagai markas atau gudang, tempat bersarang atau berkumpul. Data: representasi fakta dunia nyata yang mewakili suatu objek seperti manusia (pegawai, siswa, pembeli, pelanggan), barang, hewan peristiwa, konsep, keadaan, dan sebagainya yang direkam dalam bentuk angka, huruf, simbol, teks, gambar, bunyi, atau kombinasinya. ditarik kesimpulan bahwa pengertian dari Basis Data adalah Kumpulan file / table yang saling berelasi (berhubungan) yang disimpan seacara manual dan dalam media penyimpanan eletronik. Manajemen arsip data dapat dilakukan dengan cara: 1) Manual yaitu diprint out atau ditulis dan kemudian dijilid dan diberi identitas isi arsip; 2) Elektronik Melalui program komputer yaitu DBMS (database management system); 3) Manual tapi tersimpan dalam hard disk internal komputer, eksternal seperti Flash disk, SD, Micro SD, Memory Eksternal dan Cloud. Akan tetapi penulis sarankan, untuk file sangat penting dan legal baik diarsip fisik selain ada arsip elektorniknya seperti, Surat perjanjian, Surat Keputusan dan surat legal lainnya. Dengan tujuan seandainya terjadi kerusakan komputer atau shut down global atau komputer dan internet tidak dapat difungsikan, maka kita ada arsip manual.
Kata Kunci : Arsip, Data Base, Shud Down.

Full Text:

PDF

References


Kennedy, Jay and Cherryl Schauder. 1989. Records Management: A Guide to Corporate Recordkeeping. Edisi kedua. Australia: Addison Weslay Longman.

McNurlin, Barbara C., dan Ralph H. Sprague, Jr. 1998. Information Systems Management in Practice. Edisi keempat. New Jersey: Prentice Hall.

Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2012 tentang Pelaksanaan Undang- Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan.

Saffady, William. 2002. Managing Electronic Records. Kansas: ARMA International.

Saffady, William. 2004. Records and Information Management. Kansas: ARMA International.

Stephens, David O., dan Roderick C. Wallace. 2003. Electronic Records Retention: New Strategies for Data Life Cycle Management. Kansas: ARMA International.

Undang-Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan.

Wahid, Fathul. 2002. Kamus Istilah Teknologi Informasi. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Ermawati Luneto (2021), Database manajemen system dan gambar, url: https://mahasiswa.ung.ac.id/921409031/home/2012/9/19/database_manajemen_system_dan_gambar.html.




DOI: https://doi.org/10.58939/afosj-las.v2i4.471

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

AFoS J-LAS (All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety)

Jurnal Penelitian berbagai bidang ilmu.
Publisher: Lembaga Komunikasi dan Informasi Dosen (LEMKOMINDO) https://lemkomindo.org/


e-ISSN. 2776-2408 ; p-ISSN 2798-9267 

 Jurnal is licensed under CC BY-NC-SA 4.0