Analisis dan Penerapan Tiga Elemen Sistem Pembelajaran pada Era Industri 4.0 di Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia

Khairuddin Tampubolon, Elazhari Elazhari, Fider Lumban Batu

Abstract


Pada Tahun 2018 ini merupakan Era Industri 4.0, yaitu disebut juga dengan Cyber Phisical, dimana cyber pada era sebelumnya adalah sosok yang tidak nyata pada dunia internet dan pada era industri 4.0, cyber telah memilki sosok atau dapat diketahui identitasnya walaupun dia sembunyikan atau disamarkan, hal ini disebabkan data individu pemakai jasa jaringan internet telah terekam oleh operator penyedia jaringan internet dan juga data statistik negara. Kemudian era industri 4.0 ini juga merupakan era wireless yaitu pengendalian sisitem operasional tidak lagi menggunakan kable akan tetapi dapat dilakukan melaui wireless (dengan media udara). Metode Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan mengkaji fakta-fakta yang telah terjadi serta semua data dan informasi diwujudkan dalam bentuk angka, dengan analisis statistik parametrik. Informasi yang menyangkut variable dalam penelitian ini diperoleh dari responden yang ditransper dalam bentuk angka-angka kemudian dianalisis dengan exel word office 2010 dan ditampilkan dalam bentuk tabel dan diagram. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah mahasiswa UPMI Medan mengetahui akan hadirnya Era Industri 4.0 dan elemen Era Industri 4.0, dan dari hasil penelitian penulis menemukan 80 % Mahasiswa tidak mengetahui kehadiran Industri 4.0 dan 20 % lagi mengetahunya. Kemudian hasil Analisis tentang mengetahui Elemen Industri 4.0, mahasiswa UPMI , 13,33 mengetahui dan 86,67 tidak mengetahuinya. Selanjutnya penulis melakukan sosialisasi dan menerapkan sistem pengajaran berbasis Era Industri 4.0 terhadap mahasiswa melalui tiga Unsur Metode Pembelajaran yaitu: 1. Pembekalan Ilmu dan Motivasi, 2. Penerapan Ilmu/ Praktek, 3. Pelatihan Attitude yang baik.Keyword: Cyber, Cyber Phisical, Unsur Pembelajaran. 

Full Text:

PDF

References


Elazhari, E., Tampubolon, K., Barham, B., & Parinduri, R. Y. (2021). Pengaruh Motivasi dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri 2 Tanjung Balai. AFoSJ-LAS (All Fields of Science Journal Liaison Academia and Society), 1(1), 1-12.

Uno Hamzah B. 2007. Teori Motivasi dan Pengukuranya. Jakarta. PT. Bumi Aksara.

Usmara A. 2006. Motivasi Kerja. Yogyakarta. Amara Books.

Uzer Usman Moh. 2006. Menjadi Guru Profesional. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Liliweri, Alo. 2005. Prasangka dan Konflik. Yogyakarta: LKIS.

Sunaryo. 2002. Psikologi untuk Keperawatan. Jakarta: EGC

Siaran pers kemenristekdikti no : 164/sp/hm/bkkp/ix/2018.




DOI: https://doi.org/10.58939/afosj-las.v1i2.497

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

AFoS J-LAS (All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety)

Jurnal Penelitian berbagai bidang ilmu.
Publisher: Lembaga Komunikasi dan Informasi Dosen (LEMKOMINDO) https://lemkomindo.org/


e-ISSN. 2776-2408 ; p-ISSN 2798-9267 

 Jurnal is licensed under CC BY-NC-SA 4.0