Analisis Kemampuan Guru dalam Perencanaan, Pengembangan dan Pelaksanaan Evaluasi Pembelajaran Fikih di MTsN 2 Medan

Mhd Rizkiy Bahar Siregar

Abstract


Artikel ini disusun karena melihat adanya proses perencanaan, pengembangan dan pelaksanaan evaluasi pembelajaran Fikih yang berguna untuk meningkatkan mutu pembelajaran Fikih di MTsN 2 Medan. Tujuan dari pembuatan artikel ini ialah untuk mengetahui sejauh mana proses perencanaan sampai evaluasi yang dilakukan oleh guru Fikih dalam melakukan proses pembelajaran di kelas agar pembelajaran lebih efektif, efisien dan menyenangkan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif dan menggunakan analisis, landasan teori digunakan sebagai pemandu agar fokus penelitian sesuai dengan fakta yang terjadi di lapangan. Selanjutnya, artikel ini menyimpulkan bahwa perencanaan evaluasi di MTsN 2 Medan dianggap telah memenuhi berbagai konsep dalam perencanaan evaluasi meskipun dalam konsep anggaran belum adanya perencanaan. Pengembangan evaluasinya sendiri telah dilaksanakan dan sesuai dengan konsep pengembangan evaluasi yakni menggunakan teknik tes tertulis.Kata Kunci: Kemampuan; Guru; Pembelajaran; Fikih.

Full Text:

PDF

References


Ananda, Rusydi. 2015. Evaluasi Pembelajaran. Medan: Citapustaka Media.

Caswita. 2021. “Manajemen Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.” Deepublish, no. 16422024.

Dikriansyah, Fikri. 2018. “Pengembangan Model Manajemen Evaluasi Pembelajaran Dalam Pemanfaatan Sistem ICT Tingkat Sekolah Dasar Se-Kota Banda Aceh.” Bina Bangsa Getsempena 3 (2).

Elazhari, E., Tampubolon, K., Siregar, B., Parinduri, R. Y., & Prayoga, B. I. (2022). ZOMBIE COMPANIES IN THE CONTEXT OF STATE-OWNED ENTERPRISES IN INDONESIA. International Journal of Artificial Intelligence Research, 6(1.1).

Elazhari, E., Tampubolon, K., Barham, B., & Parinduri, R. Y. (2021). Pengaruh Motivasi dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri 2 Tanjung Balai. AFoSJ-LAS (All Fields of Science Journal Liaison Academia and Society), 1(1), 1-12.

Majid, Abdul. 2009. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mukhtar. 2003. Desain Pembelajaran PAI,. Jakarta: Misaka Galiza.

Mukhtar, Rodiah. 2015. “Rencana Pengembangan Sekolah.” Manajer Pendidikan 9 (3): 386–93.

Purwanto, Ngalim Purwanto. 2010. Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran.

Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, Wina. 2009. Perencanaan Dan Desan Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana. Tampubolon, K., & Sibuea, N. (2023). THE INFLUENCE OF SUPERVISORY WORK MOTIVATION AND COMPETENCE ON THE PERFORMANCE OF SCHOOL SUPERINTENDENTS IN PADANGSIDIMPUAN CITY EDUCATION OFFICE. International Journal of Educational Review, Law And Social Sciences (IJERLAS), 3(1), 249-261. Tampubolon, K., & Siregar, B. (2023). THE INFLUENCE OF EDUCATIONAL ADMINISTRATION ON TEACHER PERFORMANCE AT SMA NEGERI 1 SERBAJADI, SERBAJADI DISTRICT, DELI SERDANG REGENCY. International Journal of Educational Review, Law And Social Sciences (IJERLAS), 3(1), 235-248. Tampubolon, K., & Sibuea, N. (2022). Peran Perilaku Guru dalam Menciptakan Disiplin Siswa. AFoSJ-LAS (All Fields of Science Journal Liaison Academia and Society), 2(4), 1-7. Tampubolon, K., Karim, A., Batu, F. L., Siregar, B., & Saleh, K. (2022). Sosialisasi Protokol Kesehatan dalam Upaya Tindakan Preventif di Lokasi Wisata Theme Park Pantai Cermin. J-LAS (Journal Liaison Academia and Society), 2(2), 1-8.




DOI: https://doi.org/10.58939/afosj-las.v3i1.517

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

AFoS J-LAS (All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety)

Jurnal Penelitian berbagai bidang ilmu.
Publisher: Lembaga Komunikasi dan Informasi Dosen (LEMKOMINDO) https://lemkomindo.org/


e-ISSN. 2776-2408 ; p-ISSN 2798-9267 

 Jurnal is licensed under CC BY-NC-SA 4.0