Analisis Kemampuan Guru dalam Memanfaatkan Media Bebasis Komputer pada Pembelajaran di Sekolah Dasar

Sabila Akbar

Abstract


Guru dalam menyampaikan materi memerlukan alat bantu perantara agar proses penyampaian materi lebih mudah dan tepat sasaran. Adapun cara tersebut yaitu dengan menggunakan media pembelajaran. Salah satu media pembelajaran yang dapat digunakan guru dalam pembelajaran yaitu media berbasis komputer. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kemampuan dan pengetahuan guru dalam menerapkan media pembelajaran berbasis komputer, kendala dan upaya yang dilakukan guru dalam menerapkan media tersebut. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di Sekolah Dasar Negeri 106195 Desa Pulau Gambar, kecamatan Serbajadi kabupaten Serdang Bedagai. Kemudian teknik pengumpulan datanya dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menggambarkan guru-guru sudah mampu menerapkan media berbasis komputer. Guru sudah terampil dalam memanfaatkan sarana teknologi dan mengembangkan materi menjadi produk media berbasis komputer yang menarik, dan mudah diaplikasikan dalam pembelajaran. Tidak ada hambatan yang berarti bagi guru dalam menerapkan pembelajaran berbasis komputer. Upaya yang dilakukan guru yaitu dengan pengembangan diri melalui pelatihan dan pemanfaatan sarana dan prasarana teknogi yang sudah disediakan oleh sekolah.Kata Kunci: Media; Berbasis Komputer; Pembelajaran; Guru Sekolah Dasar.

Full Text:

PDF

References


Arkün, S. & Akkoyunlu, B. 2008. A Study on the Development Process of a Multimedia Learning Environment According to the ADDIE Model and 6WXGHQWV2SLQLRQV of the Multimedia Learning Environment. Interactive Educational Multimedia University of Barcelona, (17). (Online),(http://www.raco.cat/inde x.php/iem/article/viewFile/205357/27389 5), diakses 20 Desember 2022.

Arsyad, Azhar. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Dikutip dari http://bumipanritakitta.blogspot.co.id/2013/06/pemanfaatanteknologi-dalam-pendidikan. Html yang diakses pada tanggal 20 Desember 2022.

Dikutip dari http://rachmatfatahillah.blogspot.co.id/2014/04/pengembanganpem-belajar an-paiberbasis.html yang diakses pada tanggal 20 Desember 2022.

Dikutip dari http://stitattaqwa. blogspot.com/2011/07/pemanfaa tankomput erun tuk - pembelajaran. html. Yang diakses pada tanggal 20 Desember 2022.

Dikutip dari http://www.dosenpendidikan.com/15-dampak-negatif-dan-positifteknolog i-informasi- dalam-bidangpendidikan/ yang diakses pada tanggal 20 Desember 2022.

Elazhari, E., Tampubolon, K., Barham, B., & Parinduri, R. Y. (2021). Pengaruh Motivasi dan Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru di SMP Negeri 2 Tanjung Balai. AFoSJ-LAS (All Fields of Science Journal Liaison Academia and Society), 1(1), 1-12. Elazhari, E., Tampubolon, K., Siregar, B., Parinduri, R. Y., & Prayoga, B. I. (2022). ZOMBIE COMPANIES IN THE CONTEXT OF STATE-OWNED ENTERPRISES IN INDONESIA. International Journal of Artificial Intelligence Research, 6(1.1). Heinich, R., et.al. 2005. Instructional Media and Technology for Learning. (8th ed). Englewood Cliffts New Jersey: PrenticeHall Heinich, R., et.al. 2005. Instructional Media and Technology for Learning. (8th ed). Englewood Cliffts New Jersey: PrenticeHall Jamil, Suprihatiningrum. 2013. Strategi Pembelajaran Teori & Aplikasi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media Mishra, S. & Ramesh, C. Sharma. 2005. Interactive Multimedia in Education and Training. United States of America: Idea Group Publishing (an imprint of Idea Group Inc. Parinduri, R. Y., Tampubolon, K., & Siregar, B. (2023). THE INFLUENCE OF EDUCATIONAL ADMINISTRATION ON TEACHER PERFORMANCE AT SMA NEGERI 1 SERBAJADI, SERBAJADI DISTRICT, DELI SERDANG REGENCY. International Journal of Educational Review, Law And Social Sciences (IJERLAS), 3(1), 235-248.

Roswirman Roswirman, ELAZHARI, Khairuddin Tampubolon(2021) Pengaruh Implementasi Manajemen Mutu Terpadu dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru pada Era New Normal di SMK Swasta PAB 2 Helvetia; AFoSJ-LAS (All Fields of Science J-LAS),V.1,no.4(hal.316-333).

Tampubolon, K., & Sibuea, N. (2022). Peran Perilaku Guru dalam Menciptakan Disiplin Siswa. AFoSJ-LAS (All Fields of Science Journal Liaison Academia and Society), 2(4), 1-7.

Tampubolon, K., Elazhari, E., & Batu, F. L. (2021). Analisis dan Penerapan Tiga Elemen Sistem Pembelajaran pada Era Industri 4.0 di Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia. All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety, 1(2), 153-163.

Tampubolon, K., Karim, A., Batu, F. L., Siregar, B., & Saleh, K. (2022). Sosialisasi Protokol Kesehatan dalam Upaya Tindakan Preventif di Lokasi Wisata Theme Park Pantai Cermin. J-LAS (Journal Liaison Academia and Society), 2(2), 1-8.

Tampubolon, K., & Sibuea, N. (2023). THE INFLUENCE OF SUPERVISORY WORK MOTIVATION AND COMPETENCE ON THE PERFORMANCE OF SCHOOL SUPERINTENDENTS IN PADANGSIDIMPUAN CITY EDUCATION OFFICE. International Journal of Educational Review, Law And Social Sciences (IJERLAS), 3(1), 249-261.




DOI: https://doi.org/10.58939/afosj-las.v3i1.540

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

AFoS J-LAS (All Fields of Science Journal Liaison Academia and Sosiety)

Jurnal Penelitian berbagai bidang ilmu.
Publisher: Lembaga Komunikasi dan Informasi Dosen (LEMKOMINDO) https://lemkomindo.org/


e-ISSN. 2776-2408 ; p-ISSN 2798-9267 

 Jurnal is licensed under CC BY-NC-SA 4.0