Pengorganisasian Kurikulum Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA Negeri 8 Bermuatan Keilmuan Integrasi Interkoneksi

Supriadi Supriadi

Abstract


Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti pada Kurikulum 2013 jenjang SMA termasuk mata pelajaran kelompok A wajib diikuti seluruh peserta didik. telah dirumuskan dari pemerintah pusat tujuan, SKL, KI dan KD Mata pelajaran PAI dan Budi Pekerti, untuk mencapai tujuan dan standar kompetensi tersebut perlu manajemen yang baik. Namun dalam praktik pendidikan muatan keilmuan pada kegiatan manajemen kurang diperhatian dan kurang disadari oleh guru PAI dan Budi Pekerti studi di SMAN 8 Medan, kegiatan pengorganisasian diakui merupakan kewajiban guru dan sebagai kegiatan rutinitas saja. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan manajemen kurikulum PAI dan Budi Pekerti jenjang SMA Bermuatan keilmuan integrasi interkoneksi, merupakan jenis penelitian lapangan menggunakan pendekatan kualitatif, dengan subyek penelitian guru PAI dan Budi Pekerti SMAN 8 Medan, obyek penelitian manajemen kurikulum PAI dan Budi Pekerti jenjang SMA kelas X, XI dan XII. Pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, analisis data meggunakan analisis menurut Matthew B. Miles dan A. Michael Huberman dengan model alir, memuat tiga komponen meliputi, pengumpulan data dilakukan bersamaan reduksi data dengan proses pemilihan, pemusatan perhatian dan penyederhanaan, pengabstrakan dan transformasi data kasar; analisis data berupa penyajian data, menyusun informasi dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data dengan kriteria Manajemen kurikulum PAI dan budi pekerti jenjang SMA pada perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan bermuatan keilmuan integrasi interkoneksi antara episteme bayani, irfani dan burhani. Kesimpulan Penelitian ini bahwa Manajemen kurikulum PAI dan budi pekerti jenjang SMA bermuatan keilmuan integrasi interkoneksi antara episteme bayani, irfani dan burhani hasil studi di SMAN 8 Medan, pada perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan untuk kelas X terdapat pada materi pokok ”Meniti Hidup dengan kemuliaan” dan materi pokok “Mengelola wakaf dengan penuh amanah” Untuk kelas XI terdapat pada materi pokok “Bangun dan Bangkitlah Wahai Pejuang Islam” dan kelas XII terdapat pada materi pokok “Semangat beribadah dengan meyakini hari akhir.”Kata Kunci: Manajemen Kurikulum, PAI dan Budi Pekerti SMA, Muatan keilmuan

Full Text:

PDF

References


Abid, Muhammad al-Jabiri, Al-Turats wa al-Hadatsah; Dirasah wa Munaqashat , Bairut: al-Markaz al-Tsaqofi al-Islamy. 1991.

, Bunyah al-aql al-Arabi: Dirasah Tahliliyah Naqdiyyah li Nudlumi al-Ma’rifah fi al-tsaqafah al-arabiyyah Beirut: Markaz Dirasah al-Wihdah al-Arabiyyah. 1990.

Abdullah, M. Amin, Islamic Studies di Perguruan Tinggi Pendekatan Integratif- Interkonektif, Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2006.

Arif, Mahmud, “Epistemologi Pendidikan Islam Kajian atas Nalar Masa Keemasan Islam dan Implikasinya di Indonesia”, Disertasi, tidak diterbitkan, Yogyakarta: Pasca Sarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2006.

Arifin, Zainal. Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum: Konsep, Teori, Prinsip, Prosedur, Komponen, Pendekatan, Model, Evaluasi dan Inovasi, Bandung : Rosdakarya. 2014.

A.V., Kelly. The Curriculum: Theory and Practice. London: Sage Publications. 2004.

Barnadib, Imam. Filsafat Pendidikan: Sistem dan Metode, Cet. Kesembilan, Yogyakarta: Andi Offset. 1997.

Daftar capaian kompetensi pengetahuan KI-3 Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti Kelas X, XI dan XII, SMA Negeri 8 Medan Tahun Ajaran 2015/2016.

Daftar capaian kompetensi pengetahuan KI-3 Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti SMA Negeri 8 Medan kelas X MIPA 1, 2 dan 3 dan kelas X IPS 1 dan 2 Tahun Ajaran 2015/2016.

Daftar capaian kompetensi pengetahuan KI-3 Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti SMA Negeri 8 Medan kelas XI MIPA 1, 2 dan 3 dan kelas XI IPS 1 dan 2 Tahun Ajaran 2015/2016.

Daftar capaian kompetensi pengetahuan KI-3 Mata Pelajaran PAI dan Budi Pekerti SMA Negeri 8 Medan kelas XII MIPA 1, 2 dan 3 dan kelas XII IPS 1 dan 2 Tahun Ajaran 2015/2016.

Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan, Jakarta: Biro Hukum dan Organisasi Sekretariat Jendral Departemen Pendidikan Nasional. 2005.

Hamalik, Oemar. Manajemen Pengembangan Kurikulum, Bandung: Rossdakarya. 2012.

Hidayati, Wiji. Pengembangan Kurikulum, Yogyakarta: Pedagogia. 2012.

, “Implementation of Curriculum 201 in Primary School Sleman Yogyakarta” dalam IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME) e-ISSN: 2320–7388, p-ISSN: 2320–737X

Volume 6, Issue 2 Ver. II Mar. - Apr. 2016

Istiningsih dan Wiji Hidayati, “The Correlation Of Students’ Character With Scientific Learning Skill (Study On Basic School In Indonesia)”, dalam IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR- JRME) e-ISSN: 2320–7388,p-ISSN: 2320–737X Volume 5, Issue 3 Ver. III, May - Jun. 2015

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA/MA/SMK/MAK Kelas X, Jakarta: Kemendikbud. 2014.

, Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA/MA/SMK/MAK Kelas XI. Jakarta: Kemendikbud, 2014

, Buku Siswa Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti SMA/MASMK/MAK Kelas XII, Jakarta: Kemendikbud. 2015.

Lexy J., Moleong. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya. 2005.

Miles, Matthew B. dan A. Michael Huberman, Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru, terj. Jakarta: Universitas Indonesia (UI Press). 1992.

Mulkhan, Abdul Munir, “Rekonstruksi Filsafat Tarbiyah”, Laporan Penelitian, tidak diterbitkan, Yogyakarta: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. 2012.

Mulyasa. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan: Kemandirian Guru Dan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara. 2008

Omar Mohammad Al-Toumy Al-Syaibany, Falsafah Pendidikan Islam, Alih bahasa Hasan Langgulung, Jakarta: Bulan Bintang. 1979.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No. 16 Tahun 2007 tentang Standar Kualifikasi Akademik dan kompetensi guru, Dalam Buku Peraturan Menteri Pendidikan Nasional RI No.16-17 dan 18 Tahun 2007 Tentang Standar Kualifikasi Guru dan Sertifikasi Bagi guru dalam jabatan, Jakarta: CV Minijaya Abadi, 2007.

Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor 16 tahun 2010 tentang Pengelolaan Pendidikan agama di sekolah

Pokja Akademik, Kerangka Dasar Keilmuan dan pengembangan Kurikulum Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga Yogyakarta Yogyakarta: Pokja Akademik UIN Sunan Kalijaga. 2006

Ratnamegawangi, tt. “Pendidikan Holistik Berbasis Karakter” Untuk TK dan SD: Model Pendidikan Berkualitas, Menyenangkan dan Membangun Karakter Bagi Anak-anak Indonesia Dalam Rangka Implementasi KBK 2004 Indonesia Heritage Foundation” Proposal.

RPP PAI dan Budi Pekerti SMA Kls X, SMAN 8 Medan, 2014

RPP PAI dan Budi Pekerti SMA Kls XI, SMAN 8 Medan, 2014

RPP PAI dan Budi Pekerti SMA Kls XII, SMAN 8 Medan, 2015

Sanjaya, Wina. Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana. 2006

Salinan Lampiran Peraturan Menteri pendidikan dan kebudayaan No. 69 Tahun 2013 Tentang kerangka Dasar dan struktur kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah .


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Book Chapter of Proceedings Journey-Liaison Academia And Society ini diterbitkan oleh:

Lembaga Komunikasi dan Informasi Dosen (LEMKOMINDO).

e-ISSN: 2829-6036

p-ISSN: 2829-565X