Implementasi Integrasi Keilmuan Umum dan Agama di MAS Proyek UNIVA Medan

Rani Nurisa Tanjung

Abstract


Penelitian ini bertujuan :1) untuk mengetahui implementasi integrasi keilmuan umum dan agama pada pembelajaran sains, 2) untuk mengetahui hasil implementasi integrasi tersebut terhadap peserta didik di Mas Proyek Univa Medan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif (qualitative research) dengan melakukan penelitian di lapangan (field research). Dan tehnik pengumpulan data berupa dokumentasi, observasi dan wawancara. Hasil penelitian: 1) Implementasi integrasi dalam pembelajaran adalah guru mata pelajaran sains mengintegrasikan materi yang diajarkan dengan keagamaan atau keislaman. Dalam proses pembelajaran dapat dilihat pada mata pelajaran Kimia Kelas XI MIPA 1 yaitu tentang materi “hidrokarbon” yang direlevansikan dengan ayat Al-Qur’an yang sesuai dengan materi tersebut yaitu QS. Al-A’la ayat 1-5. Tidak hanya itu, pada mata pelajaran Biologi tentang materi “Ruang Lingkup Biologi” guru merelevansikan dengan QS. As-Sajdah: 27. Melalui ayat al-Qur’an yang dikaji guru memberikan pemahaman tentang nilai-nilai Islam kepada peserta didik. 2) Hasil adanya integrasi keilmuan umum dan agama terhadap peserta didik adalah; siswa mampu memahami pengetahuan secara utuh tidak hanya di bidang ilmu umum namun juga di bidang ilmu agama, siswa antusias untuk belajar dan mengkaji ilmu sesuai al-Qur’an, siswa mampu berpikir kritis dan mandiri untuk mengkaji ulang mengenai informasi melalui Al-Qur’an, siswa mampu berpikir secara langsung/kontekstual mengenai kejadian-kejadian atau pengamatan beradasarkan fakta yang ada di lingkungan sekitar.Kata Kunci: Integrasi, Ilmu, Agama

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Amin, dkk, Integrasi Sains Islam Mempertemukan Epistemologi Islam dan Sains,

Yogyakarta: Pilar Religia, 2004.

Abdullah, M. Amin Islamic Studies Di Perguruan Tinggi: Pendekatan Integratif-

Interkonektif, Cet. I; Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar, 2006.

Ahmad Barizi, Pendidikan Integratif: Akar Tradisi & Integrasi Keilmuan Pendidikan Islam,

Malang: UIN-Maliki Press, 2011.

Andy Wahyono, “Integrasi Islam dan Sains dalam Mata Kuliah Al-Islam dan Kemuhamaddiyahan di Perguruan Tinggi Muhammadiyah Wilayah Jawa Tengah”,

Tesis, Yogyakarta: Program Pasca Sarjana Uin Sunan Kalijaga, 2016.

Asep Muhyiddin, “Wawasan Dakwah Islam: Integrasi Sains dan Agama”, Jurnal ANIDA,

Aktualisasi Nuansa Ilmu Dakwah, Volume 15, Nomor 2, Desember 2016.

Baharuddin, Dikotomi Pendidikan Islam; Historisitas dan Implikasi pada Masyarakat Islam,

(Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011.

Barker, Anton, dan Ahmad Charris Zubair, Metodologi Penelitian Filsafat, Yogyakarta:

Kanisius, 1990.

Data didapatkan dari website http://didikdasmen.al-azhar.or.id/. Diakses pada tanggal 1 Juni 2018.

Data didapatkan dari website http://www.al-azhar.or.id/. Diakses pada tanggal 1 Juni 2018.

Echols, John M., dan Hassan Shadily, Kamus Inggris Indonesia, Jakarta: Gramedia Pustaka

Utama, 1996.

Faruqi, Ismail Raji, Islamisasi Pengetahuan, Terj. Anas Mahyuddin, Bandung: Pustaka,1984, dan Louis Al-Faruqi, Atlas Budaya Islam: Menjelajah Khazanah Peradaban Islam.

Terj. Ilyas Hasan. Bandung: Mizan, 2003.

Fisher, Rob, “Pendekatan Filosofis,” dalam Aneka Pendekatan Studi Agama terj.Imam Khoiri, ed. Peter Conoly, Yogyakarta: LKIS, 2002

Golshani, Mehdi, The Holy Quran and the Sciences of Nature. Terj. Agus Effendi.

Filsafat-Sains Menurut Al-Quran, Bandung: Mizan. 2003.

Hadi, Sutrisno, Metodologi Research, Yogyakarta: Yasbit Fakultas Psikologi UGM, 1982.

Hidayat, Kamaruddin & Muhammad Wahyudi Nafis, Agama Masa Depan Perspektif Filsafat Perenial, Jakarta: UI Press, 1995.

Koentjaraningrat, Metode-metode Penelitian Masyarakat, Jakarta: Gramedia, 1990. Kuntowijoyo, Islam Sebagai Ilmu, Jakarta: Teraju, 2005.

Luthfi Hadi Aminuddin, “Integrasi Ilmu dan Agama : Studi Atas Paradigma Integratif-Interkonektif UIN Sunan Kalijaga Yogjakarta”, KODIFIKASIA Jurnal Penelitian Keagamaan dan Sosial-Budaya, No.1, Vol.4, Tahun 2010.

M.Quraish Shihab, Membumikan Al-Qur`an, Bandung: Penerbit Mizan, 1992.

Machali, Imam dan Ara Hidayat, The Handbook of Education Management: Teori dan Praktik Pengelolaan sekolah/Madrasah di Indonesia, Jakarta: Prenadamedia, 2016.

Moleong, Lexy J., Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.

Mufid, Fathul, “Integrasi Ilmu-Ilmu Islam”, Equilibrum, Vol. 1, No.1, Juni 2013. Muhyiddin, Asep, “Wawasan Dakwah Islam: Integrasi Sains dan Agama”, Jurnal

ANIDA, Aktualisasi Nuansa Ilmu Dakwah, Volume 15, Nomor 2, Desember

Munthe, Bermawy, dkk., Sukses Belajar di Perguruan Tinggi: Sosialisasi pembelajaran di Perguruan Tinggi bagi Mahasiswa Baru UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta: CTSD UIN Sunan Kalijaga, 2015.

Nasiruddin, “Integrasi Sains Dan Agama Dalam Pendidikan Islam”, LITERASI, Volume. IV, No. 2 Desember 2013.

Nasution, Harun, Pembaharuan dalam Islam, Sejarah Pemikiran dan Gerakan, Jakarta:Bulan Bintang,1985.

Nata, Abudin, Manajemen Pendidikan ; Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Prenada Media, 2003.

Pasya, Ahmad Fuad, Dimensi Sains Al-Qur’an: Menggali Kandungan Ilmu Pengetahuan Dai Al-Qur’an. Terj. Muhammad Arifin. Solo: Tiga Serangkai, 2006.

Praja, Juhaya S. Filsafat Dan Metodologi Ilmu Dalam Islam Dan Penerapannya Di Indonesia. Jakarta: Teraju, 2002.

Rabiatul Adawiah, “Integrasi Sains dan Agama Dalam Pembelajaran Kurikulum PAI (Perspektif Islam dan Barat serta Implementasinya)”, AL-BANJARI, Vol. 15, no. 1, Januari-Juni 2016.

Salim, Peter, dan Yenny Salim, Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer,, Jakarta: Modern English Press, 1991.

Sholeh, Khudori, Filsafat Islam dari Klasik hingga Kontemporer, Yogjakarta: Ar- Ruzz Media, 2016.

Siswanto, “Perspektif Amin Abdullah Tentang Integrasi Interkoneksi Dalam Kajian Islam”, Teosofi: Jurnal Tasawuf dan Pemikiran Islam, Vol.3, No.2 Desember 2013.

Sudarto, Metodologi Penelitian Filsafat, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2002.

Sumarsono, Raden Bambang, “Hubungan Perilaku Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kemampuan Mengajar Guru dengan Inovasi Pendidikan,” Jurnal Manajemen Pendidikan, Universitas Negeri Malang, No. 1, Vol. VIII, April 2012.

Syafi’I, Imam, Konsep Ilmu Pengetahuan dalam al-Quran, Yogyakarta : UII Press.2000.

Tim Dosen Filsafat Ilmu Fakultas Filsafat UGM, Filsafat Ilmu Sebagai Dasar Pengembangan Ilmu Pengetahuan, Yogyakarta: Liberty, 2007. Elazhari, 2019. Policy In the development of social development in society: Study of implementation of regional regulation number 4 of 2008 concerning handling of homeless and beggar in the … Muhammad Rajali, Elazhari, Khairuddin Tampubolon, (2021). Pencocokan Kurva Dengan Metode Kuadrat Terkecil dan Metode Gauss. AFoSJ-LAS: Journal All Field of Science J-LAS, 1(1), 14-22. From: https://j-las.lemkomindo.org/index.php/AFOSJ-LAS/article/view/9.

Khairruddin Tampubolon, & Koto, F. R. (2019). Analisis Perbandingan Efisiensi Kerja Mesin Bensin Pada Mobil Tahun 2000 Sampai Tahun 2005 Dan Mobil Tahun 2018 Serta Pengaruh Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Dan Cara Perawatannya Sebagai Rekomendasi Bagi Konsumen. Jmemme: Journal Of Mechanical Engineering, Manufactures, Materials And Energy, 3(2), 76-83. From Http://Ojs.Uma.Ac.Id/Index.Php/Jmemme/Article/View/2773.

Tim Redaksi Kamus Besar Bahasa Indonesia, Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa, Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2008, Edisi IV, Cet. 1.

Zain, Zarima dan Rian Vebrianto, “Integrasi Keilmuan Sains Dan Islam Dalam Proses Pembelajaran Rumpun IPA”, Seminar Nasional Teknologi Informasi, Komunikasi dan Industri (SNTIKI) 9, Pekanbaru, 18-19 Mei 2017.

Zaqzuq, Mahmud Hamdi, Reposisi Islam Di Era Globalisasi, terj. Abdullah Hakam Shah. Yogyakarta: Lkis Pelangi Aksara, 2004.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Book Chapter of Proceedings Journey-Liaison Academia And Society ini diterbitkan oleh:

Lembaga Komunikasi dan Informasi Dosen (LEMKOMINDO).

e-ISSN: 2829-6036

p-ISSN: 2829-565X