Analisis Penerapan Pendidikan Agama Islam dalam Demensi Profil Pancasila

Suhardi Suhardi

Abstract


Lahirnya Agama Islam yang di bawaoleh Rasulullah SAW. Pada abad ke-7 M. Adalah suatu hal yang sangat luar biasa yang pernah dialami oleh umat manusia. Islam sebagai landasan spiritual dan sosial, memiliki strutur ajaran moral dan program hidup praktis yang tidak terpisahkan, segala bagian-bagianya merupakan kesatuan yang terpadu secara harmonis, saling mengisi dan saling menunjang . sebagai suatu ajaran, islam memberikan jaminan hubungan metafisik antara manusia dengan tuhan dan hubungan duniawi antara individu dengan lingkungan masyarakat serta lingkungan alamnya. Islam merupakan gerakan raksasa yang telah berjalan sepanjang zaman dalam pertumbuhan dan perkembanganya. Mulai dari Rasulullah SAW. Sendiri diikuti para Sahabat, Tabi’in-tabi’in, para Tabi’it-tabi’in dan Ulama-ulama, islam disebarkan ke berbagai penjuru dunia. Hingga pertumbuhan dan perkembangan Agama Islam sampai ke indonesia, dengan pengalaman naik turun, maju mundur, dan berliku-liku. Penyebaran islam di indonesia melalui berbagai cara, dengan cara berdagang, melakukan perkawinan, pendekatan seni dan budaya, terjun dalam pemerintahan, dan tidak kalah penting adalah dari unsur pendidikan. Pendidikan islam adalah pendidikan yang bertujuan untuk membentuk pribadi muslim seutuhnya, mengembangkan seluruh potensi manusia baik yang berbentuk jasmaniyah maupun rohaniayah, menumbuhkan hubungan yang harmonis setiap pribadi manusia dengan Allah, manusia dan alam semesta.Kata Kunci: Penerapan Ilmu Agama Islam,Dalam Dimesi, Profil Pancasila.

Full Text:

PDF

References


Ahmadi Abu Supriyono Widodo, PsikologiBelajar, RinekaCipta, Jakarta, 1991.

AnasSudijono, PengantarStatistikPendidikan, Raja GrapindoPersada, Jakarta 2008.

AriefSoedirman, Media Pendidikan, CV. Rosdakarya, Jakarta, 2003.

Khairuddin Tampubolon, Fider Lumbanbatu (2020), Analisis Penggunaan Knalpot Berbahan Komposit Untuk Mengurangi Tingkat Kebisingan Pada Motor Suzuki Satria, Jmemme: Journal Of Mechanical Engineering, Manufactures, Materials And Energy, 4(2), 174-182. From: http://www.ojs.uma.ac.id/index.php/jmemme/article/view/4065.

Rashid, S., & Yadav, S. S. (2020). Impact of Covid-19 Pandemic on Higher Education and Research. Indian Journal of Human Development, 14(2), 340–343. https://doi.org/10.1177/0973703020946700

Sulistyaningsih, T., Nurmandi, A., Salahudin, S., Roziqin, A., Kamil, M., Sihidi, I. T., Romadhan, A. A., & Loilatu, M. J. (2021). Public policy analysis on watershed governance in Indonesia. Sustainability (Switzerland), 13(12). https://doi.org/10.3390/su13126615.

Arifin M, IlmuPendidikan Islam, BinaAksara, Jakarta, 2008

A.W Frista, Kamus Besar Lengkap Bahasa Indonesia, Lintas Media, Jombang.

Hamalik Oemar, Media Pendidikan, Citra Aditya Bakti, Bandung, 1999.

Hasan Chalidjah, Dimensi-dimensi Pendidikan, Rineka Cipta, Jakarta, 1994.

Irwan Safaruddin, Manajemen Pembelajaran, Quantum Teaching, Jakarta, 2005.

Nana Syaodil Ibrahim R, Perencanaan Pengajaran, Rineka Cipta, Jakarta, 2000

Ramayulis, Metodelogi Pengajaran Agama Islam, Kalam Mulia, Jakarta, 1990.

SuharsimiArikunto, ProsedurPenelitianSuatuPendekatanPraktik, RinekaCipta, Jakarta, 2010.

OemarHamalik, Media Pendidikan, RinekaCipta, 2007.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Book Chapter of Proceedings Journey-Liaison Academia And Society ini diterbitkan oleh:

Lembaga Komunikasi dan Informasi Dosen (LEMKOMINDO).

e-ISSN: 2829-6036

p-ISSN: 2829-565X