Redesain Pembelajaran Agama Islam Melalui Penerapan Strategi Pembelajaran Efektif Menuju Revolusi Industri 4.0

Nazaruddin Nazaruddin

Abstract


Pada era revolusi industri 4.0 ini, dunia pendidikan dihadapkan dengan tantangan dan peluang untuk tetap eksis dalam membangun generasi bangsa terutama Pendidikan Agama Islam dalam membentuk aspek kognitif, afektif dan psikomotorik peserta didik menuju tantangan global di era digital masa kini. pendidikan agama Islam adalah kunci dasar untuk mencetak generasi yang tidak hanya memiliki kecerdasan dalam bidang ilmu, akan tetapi kecerdasan generasi bangsa harus memiliki sikap spiritual yang baik agar mengarahkan ilmunya terhadap kebaikan serta memilki skill yang baik untuk kehidupan. Untuk tetap mengoptimalkan mutu pendidikan agama Islam yang relevan terhadap perkembangan zaman khususnya era revolusi industri 4,0, maka redesain pembelajaran PAI merupakan hal yang urgen dan fundamental untuk menghadapi tantangan global tersebut. Karena pendidikan agama Islam adalah pendidikan inti dan utama dalam kurikulum pendidikan nasional untuk membangun sumber daya manusia yang cerdas, berakhlak mulia, memiliki skill serta berkontribusi terhadap kemajuan bangsa dan negara.Kata Kunci: : Redesain; Agama Islam; Strategi Pembelajaran; Revolusi Industri 4.0

Full Text:

PDF

References


Abdul Madjid, (2016), Strategi Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ahmad, J. (2018). Paradigma pendidikan Islam: Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Pasca Sarjana UIN Syarif Hidayatullah, 3(August).

Annisa, Reski; Nasution, Lukman. Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Motivasi Kerja Pegawai di Kantor Asrama Haji Medan. AFoSJ-LAS (All Fields of Science J-LAS), 2021, 1.4: 170-183.

Arifin, M. (2003), Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.

Army, A. P. (2013). Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas (p. 3). p. 3. Retrieved from http://id.wikipedia.org/wiki/Riset.

Asyari, Farida, (2019), Tantangan Guru Pai Memasuki Era Revolusi Industri 4.0 Dalam Meningkatkan Akhlaq Siswa Di Smk Pancasila Kubu Raya Kalimantan Barat, dalam Jurnal Muslim Heritage, Vol. 4, No.2.

Daulay, Haidar Putra. (2016), Pendidikan Islam dalam Perspektif Filsafat. Jakarta: PrenadaMedia Group.

Departemen Pendidikan Nasional. (2007),Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa, edisi III.

Ihwanuddin Pulungan, Asfiati (2019), Redesign Pembelajaran PAI Menuju Revolusi Industri 4.0, Jakarta: Prenada Media Group.

Lubis, Fitri Romaito; Siregar, Martua. Pengaruh Pengembangan Profesional dan Kompetensi Terhadap Prestasi Kerja Dosen pada Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan. AFoSJ-LAS (All Fields of Science J-LAS), 2021, 1.4: 299-301.

Mardiah. (2017). Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa, dalam jurnal Studia Didaktika: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, Vol. 11, No. 1.

Ngalimun, (2016), Strategi dan Model Pembelajaran, Yogyakarta, Aswaja Presindo.

Prasetyo Banu, Trisyanti Umi, (2018), Revolusi Industri 4.0 dan Tantangan Perubahan Sosial, dalam Jurnal Iptek Journal Of Proceeding Series, No 5.

Rahmat Rosyadi, (2014), Pendidikan Islam dalam Perspektif kebijakan Pendidikan Nasional. Bogor: IPB press.

Salminawati. Filsafat Pendidikan Islam. Bandung: Citapustaka Media Perintis. 2015.

Sanjaya, Wina. (2008). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta: Prenadamedia Group.

Shahroom Aida Aryani dan Norhayati Hussin, (2018), Revolusi Industri 4.0 dan Pendidikan,dalam Jurnal Internasional Penelitian Akademik Dalam Bisnis dan Ilmu Sosial, Vol. 8, No. 9.

Siddik, Dja’far, (2011), Konsep Dasar Ilmu Pendidikan Islam. Bandung: Citapustaka Media Perintis.

Muhammad Rajali, Elazhari, Khairuddin Tampubolon, (2021). Pencocokan Kurva Dengan Metode Kuadrat Terkecil dan Metode Gauss. AFoSJ-LAS: Journal All Field of Science J-LAS, 1(1), 14-22. From: https://j-las.lemkomindo.org/index.php/AFOSJ-LAS/article/view/9

Khairuddin Tampubolon, Fider Lumbanbatu (2020), Analisis Penggunaan Knalpot Berbahan Komposit Untuk Mengurangi Tingkat Kebisingan Pada Motor Suzuki Satria, Jmemme: Journal Of Mechanical Engineering, Manufactures, Materials And Energy, 4(2), 174-182. From: http://www.ojs.uma.ac.id/index.php/jmemme/article/view/4065.

Mahyudin Situmeang, Khairuddin Tampubolon (2020), Pengaruh Etika Administrasi Terhadap Pelananan Aparat Desa Pada Kantor Desa Sei Rotan Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang, Jurnal Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, 3(1), 99-107. From: https://e-prosiding.umnaw.ac.id/index.php/penelitian/article/view/514.

Sukartono. (2018). Revolusi Industri 4.0 dan Dampaknya terhadap Pendidikan di Indonesia. FIP PGSD Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sutopo, H. P. and W. (2018). Telaah Klasifikasi Aspek Dan Arah Perkembangan Riset, dalam Jurnal Jati Undip, Jurnal Teknik Industri, Vol. 13, No. 1.

Syafaruddin dkk, (2014), Ilmu Pendidikan Islam. Jakarta Selatan: Hijri Pustaka Utama.

Syaiful Bahri Jamarah dan Azwan Zain, (2000) Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Renika Cipta.

W.J.S Poerwadarminta, (2017), Kamus Umum Bahasa Indonesia, Edisi Ketiga (Jakarta: Balai Pustaka).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Book Chapter of Proceedings Journey-Liaison Academia And Society ini diterbitkan oleh:

Lembaga Komunikasi dan Informasi Dosen (LEMKOMINDO).

e-ISSN: 2829-6036

p-ISSN: 2829-565X