Integrasi Ilmu Agama dan Iptek dalam Proses Pembelajaran

Nur Isnaini Albanjari

Abstract


Penelitian ini menunjukkan bahwa praktik pendidikan agama di Madrasah Aliyah Citra Cendekia Jagakarsa telah memberikan nuansa baru bagi dunia pendidikan Islam serta menepis stigma masyarakat tentang produk madrasah yang hanya menghasilkan lulusan tafaqquh fi al-dīn dalam pengertian terbatas hanya belajar ilmu agama saja. Teknik pengumpulan data yang digunakan; dokumentasi, wawancara dan observasi. Setelah semua data diperoleh, data tersebut disusun secara sistematis kemudian dianalisis secara komprehensif, khususnya pada konsep dan praktik pembelajaran yang dilaksanakan di MAN Binjai. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan fenomenologi dan pendekatan ilmu pendidikan. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan metode deskriptif analisis.Sumber data penelitian ini dibagi menjadi dua macam. Sumber data primer yaitu Buku Panduan Pendidikan Tahun Pelajaran 2020/2021, Dokumen Bidang Bimbingan dan Konseling (BK), Pembina Yayasan, Kepala MAN Binjai, Waka Bidang Kesiswaan, Waka Bidang Kurikulum serta Siswa MAN Binjai. Adapun sumber data sekunder yang digunakan adalah artikel, buku, makalah serta tulisan- tulisan di media cetak maupun elektronik yang terkait dengan integrasi keilmuan agama dan ilmu pengetahuan umum. Temuan integrasi ilmu agama dan ilmu pengetahuan di MAN Binjai berbeda dengan konsep integrasi yang disampaikan oleh para tokoh pendidikan. Integrasi yang dimaksudkan MAN Binjai adalah integrasi yang terjadi dalam diri pelaku keilmuan (Islamic knowledge agency/Personality MAN Binjai) dan tanggungjawab ilmuan muslim (aksiologi ilmu). Tujuan akhir integrasi adalah terciptanya ilmuan atau pemuda bangsa yang menguasai ilmu pengetahuan serta pengamalan agama dalam diri seorang muslim. Munculnya tanggungjawab keilmuan (knowledge responsibility) merupakan hasil dari internalisasi nilai Islam kepada penggiat keilmuan.Kata Kunci: Integrasi; Agama Islam; Ilmu Umum

Full Text:

PDF

References


Anees, Munawwar Ahmad, What Islamic sciences is Not, MAAS Journal of Islamic sciences 2 (1), Januari 1986.

Arifuddin, Lis, Integrasi Sains dan Agama Serta Implikasinya terhadap Pendidikan Islam, Edukasi Islamika, Volume 1,nomor 1, 2016.

Moleong, Lexy J., Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2006.

Sardar, Ziauddin, Islamic Futures: The Shapes of Ideas to Come, Mansell, New York, 1985.

Lubis, Fitri Romaito; Siregar, Martua. Pengaruh Pengembangan Profesional dan Kompetensi Terhadap Prestasi Kerja Dosen pada Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan. AFoSJ-LAS (All Fields of Science J-LAS), 2021, 1.4: 299-301.

Annisa, Reski; Nasution, Lukman. Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Motivasi Kerja Pegawai di Kantor Asrama Haji Medan. AFoSJ-LAS (All Fields of Science J-LAS), 2021, 1.4: 170-183.

Nasution, Alwy Fahruzy, and Fatin Nadifa Tarigan. "Upaya Meningkatkan Kebugaran Jasmani Pada Mahasiswa Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Pembinaan Masyarakat Indonesia." AFoSJ-LAS (All Fields of Science J-LAS) 1.1 (2021): 31-36.

Tarigan, Fatin Nadifa; Nasution, Alwy Fahruzy. Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Terhadap Kemampuan Berbahasa Inggris. AFoSJ-LAS (All Fields of Science J-LAS), 2021, 1.1: 38-43.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Book Chapter of Proceedings Journey-Liaison Academia And Society ini diterbitkan oleh:

Lembaga Komunikasi dan Informasi Dosen (LEMKOMINDO).

e-ISSN: 2829-6036

p-ISSN: 2829-565X