Integrasi Ilmu dan Agama dalam Upaya Membangun Etika dan Pendidikan Moral dalam Pembelajaran Islam

Andika Priono

Abstract


Integrasi Ilmu dan Agama pada konseptual upaya mengintegrasikan ilmu dan agama selama ini tampaknya sebagai suatu hal yang sulit dilakukan. Ilmu yang sesungguhnya tidak lain adalah hasil dari kegiatan observasi, dan eksperimen. pada satu sisi dipisahkan dari agama (Islam) yang bersumber kitab suci Al-Qur'an dan Al-Hadis. Oleh karena itu, ilmu pengetahuan di dalam pendidikan karakter memiliki esensi dan makna yang sama dengan pendidikan moral dan akhlak. Tujuannya adalah untuk membentuk pribadi anak supaya menjadi manusia yang baik, yaitu warga masyarakat dan negara yang baik. Manusia, masyarakat dan warga Negara yang baik adalah menganut nilai-nilai social tertentu yang banyak dipengaruhi oleh budaya masyarakat dan bangsanya. Oleh sebab itu, pendidikan karakter akan meningkatkan mutu penyelenggaraan dan hasil pendidikan di sekolah yang mengarah pada pencapaian pembentukan karakter dan akhlak mulia peserta didik secara utuh, terpadu, dan seimbang sesuai dengan setandar kompentensi lulusan.Kata Kunci : Integrasi Ilmu, Etika, MoralAbstrac

Full Text:

PDF

References


Agus, Bustanuddin. 2007. Islam dan pembangunan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Frans Mognis Suseno. 1985. Etika Jawa. Jakarta: Gramedia.

Mulyono. 2007. Desain dan Pengembangan Pembelajaran PAI, Pembelajaran Diklat. Malang: UIN Press. Muhammad Rajali, Elazhari, Khairuddin Tampubolon, (2021). Pencocokan Kurva Dengan Metode Kuadrat Terkecil dan Metode Gauss. AFoSJ-LAS: Journal All Field of Science J-LAS, 1(1), 14-22. From: https://j-las.lemkomindo.org/index.php/AFOSJ-LAS/article/view/9

Qorib, Muhammad dan Zaini. 2020. Integrasi Etika dan Moral spirit dan kedudukannya dalam Pendidikan Islam. Yogyakarta: CV.Bildung Nusantara

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. 2008. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta: Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional.

Wathoni, L. M. N. 2018. Integrasi Pendidikan Islam dan Sains: Rekonstruksi Paradigma Pendidikan Islam. Ponorogo: CV. Uwais Inspirasi.

Ya'qub, Hamzah. 1996. Etika Islam Pembinaan Akhlaqul Karimah. Bandung: Diponegoro.

Zuriah, Nurul. 2007. Pendidikan Moral dan Budi Pekerti. Jakarta: Sinar Grafi ka Offset.

Elazhari, Khairuddin Tampubolon, (2021). Pengaruh Motivasi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di SMP Negeri 2 Tanjung Balai, AFoSJ-LAS: Journal All Field of Science J-LAS, V.1,no.1, (1-12).

From: https://j-las.lemkomindo.org/index.php/AFoSJ-LAS/article/view/308.

Khairuddin Tampubolon, Fider Lumbanbatu (2020), Analisis Penggunaan Knalpot Berbahan Komposit Untuk Mengurangi Tingkat Kebisingan Pada Motor Suzuki Satria, Jmemme: Journal Of Mechanical Engineering, Manufactures, Materials And Energy, 4(2), 174-182.

From: http://www.ojs.uma.ac.id/index.php/jmemme/article/view/4065

Elazhari, Khairuddin Tampubolon, Ali Mukti Tanjung, dkk (2022). Implementation of the Guidance Policy for Fostered Citizens at Technical Implementation Unit (UPT) of Social Services for Homeless and Beggars Binjai, Social Service of North Sumatra Province; Journal: International Journal of Mechanical Engineering, V.7, No.1(hal:425-431).

URL: https://kalaharijournals.com/resources/41-60/IJME_Vol7.1_56.pdf.

Elazhari, 2019. Policy In the development of social development in society: Study of implementation of regional regulation number 4 of 2008 concerning handling of homeless and beggar in the …

Muhammad Rajali, Elazhari, Khairuddin Tampubolon, (2021). Pencocokan Kurva Dengan Metode Kuadrat Terkecil dan Metode Gauss. AFoSJ-LAS: Journal All Field of Science J-LAS, 1(1), 14-22.

From: https://j-las.lemkomindo.org/index.php/AFOSJ-LAS/article/view/9

Khairruddin Tampubolon, & Koto, F. R. (2019). Analisis Perbandingan Efisiensi Kerja Mesin Bensin Pada Mobil Tahun 2000 Sampai Tahun 2005 Dan Mobil Tahun 2018 Serta Pengaruh Terhadap Konsumsi Bahan Bakar Dan Cara Perawatannya Sebagai Rekomendasi Bagi Konsumen. Jmemme: Journal Of Mechanical Engineering, Manufactures, Materials And Energy, 3(2), 76-83.

From Http://Ojs.Uma.Ac.Id/Index.Php/Jmemme/Article/View/2773

Wispi Elbar, Khairuddin Tampubolon, (2020), Pengaruh Campuran Silikon Pada Aluminium Terhadap Kekerasan Dan Tingkat Keausannya, Jmemme: Journal Of Mechanical Engineering, Manufactures, Materials And Energy, 4(2), 183-196.

From: http://ojs.uma.ac.id/index.php/jmemme/article/view/4070

Surya Irawan, Khairuddin Tampubolon (2021); Pengaruh Unsur Fe dan Penambahan Grain Refiner Al-5TiB Terhadap Morfologi Fasa Intermetalik dan Sifat Mekanis Pada Paduan Zamak 3, Jurnal: Journal Of Mechanical Engineering Manufactures Materials And Energy, V.5, No.2 (hal:96-114), URL: http://ojs.uma.ac.id/index.php/jmemme/article/view/4629

Roswirman Roswirman, ELAZHARI, Khairuddin Tampubolon(2021) Pengaruh Implementasi Manajemen Mutu Terpadu dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Guru pada Era New Normal di SMK Swasta PAB 2 Helvetia; AFoSJ-LAS (All Fields of Science J-LAS),V.1,no.4(hal.316-333).

Khairuddin Tampubolon, Elazhari, dkk (2021); Penyuluhan Tentang Mengenal Mesin Pompa Air dan Cara Perawatannya di Serikat Tolong Menolong Nurul Iman (STMNI) Kelurahan Timbang Deli Kecamatan Medan Amplas; J-LAS (Journal Liaison Academia and Society);V.1,No.2;(1-8).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Book Chapter of Proceedings Journey-Liaison Academia And Society ini diterbitkan oleh:

Lembaga Komunikasi dan Informasi Dosen (LEMKOMINDO).

e-ISSN: 2829-6036

p-ISSN: 2829-565X