Integrasi Ilmu dan Agama

Fhiqri Markhabi

Abstract


Penelitian ini akan menjawab dua permasalahan yaitu; bagaimana paradigma integratif- interkonektif sebagai payung keilmuan serta implementasi paradigma tersebut ke dalam penyusunan kurikulum. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan analisis interaktif, penelitian ini meng- hasilkan dua temuan. Pertama, secara epistemologis, paradigma keilmuan yang dikenal dengan paradigma integratif-interkonektif merupakan pengembangan dari epistemologi bayãnî, ‘irfãnî dan burhãnî yang digagas oleh al-Jãbirî. Dari aspek lain, paradigma integratif-interkonek- tif termasuk model integrasi ilmu (hadarãt al-’ilm) dan agama (hadarãt al- nass) dengan tipologi triadik. Dalam model triadik ini ada unsur ketiga yang menjembatani sains dan agama yaitu filsafat (hadarãt al-falsafah). Kedua, dalam tataran prakteknya, banyak kalangan menilai bahwa paradigma in- tegrasi interkoneksi yang dibangun masih memiliki keterbatasan, karena cenderung lebih bersifat teoritis. Konsep paradigma tersebut belum dijabarkan dalam empat ranah utama dalam melaksakan kurikulum yaitu ranah filosofis, materi, metodologi dan strategi.Kata kunci: Epistemologi Jama’î, hadarãt al-’ilm, hadarãt al-nass, ha- darãt al-falsafah

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. Amin. “ Desain Pengembangan Akademik Dari Pendekatan Dikotomis-Atomistik ke Inte- gratif Interdisciplinary.” dalam Integrasi Ilmu dan Agama: Interpretasi dan Aksi. Ed. Zainal Abidin Baqir. Jogjakarta: Mizan Pustaka, 2005.

Abdullah, M. Amin. ”Kata Pengantar,” Jogjakarta: Pokja Akademik UIN Jogja, 2005.

Abdullah, M. Amin. Islamic Studies di Perguruan Tinggi: Pendekatan Inte- gratif –Interkonektif . Jogjakarta: Pustaka Pelajar, 2006.

Abdullah, M. Amin.”Etika Tauhidik Sebagai Dasar Kesatuan Epis- temologi Keilmuan Umum dan Agama: Dari Paradigma Positi- vistik-Sekularistik ke Arah Teoantroposentrik-Integralistik.” da- lam M.Amin Abdullah, dkk. Integrasi Sains Islam Mempertemukan Epistemologi Islam dan Sains. Yogyakarta: Pilar Religia dan SUKA Press, 2004.

Abdullah, M. Amin. “al-Takwil al-Ilmiy: Ke arah Paradigma Penafsi- ran Kitab Suci.” dalam Islamic Studies di Perguruan Tinggi: Pendeka- tan Integratif-Interkonektif. Ed. M. Adib Abdussomad. Jogjakarta: Pustaka Pelajar, 2006.

Al-Jabiri, Muhammad Abid. Bunyah al-‘Aql al-Arabi : Dirasah Tahlili- yah Naqdiyah li Nuzum al-Ma’rifah fi al-Thaqafah al- Arabiyah. Bei- rut: Markaz Dirasah al-‘Arabiyah, 1990.

Al-Jabiri, Muhammad Abid. Takwin al-‘Aql al-‘Arabi. Libanon: Markaz Dirasat al-Wahdah al-‘Arabiyah, 1989.

Al-Jabiri, Muhammad Abid. Al-Turath wa al-Hadathah, al-Turath wa al-Hadathah: Dirasah wa Munaqashah. Beirut: Markaz Dirasah al- ‘Arabiyah, 1989.

Bagir, Zainal Abidin. ” Pergolakan Pemikiran di Bidang Ilmu pengeta- huan.” dalam Ensiklopedi

Dunia Islam: Dinamika masa kini. Jakarta: Ichtiar Baru van Hoeve, 2002.

Hofman, Murad W. Menengok Kembali Islam Kita. terj. Rahmani As- tuti. Bandung: Pustaka Hidayah, 2002.

Mahzar, Armahedi. “Integrasi Sains dan Agama: Model dan Metodolo- gi.” dalam Integrasi Ilmu dan Agama: Interpretasi dan Aksi. Zainal Abidin et.all. Jogjakarta: Mizan baru Utama, 2005.

Miles, Mathew B. dan Huberman, A. Michael. Analisis Data Kualitatif.terj. Tjetjep Rohendi Rohidi. Jakarta: UI Press, 1992.

Mufid, Ahmad Syafi’i. “Penelitian Kualitatif Untuk Penelitian Agama.” da- lam Menuju Penelitian Keagamaan: Dalam Perspektif Penelitian Sosial. ed. Affandi Muhtar. Cirebon: Fakultas Tarbiyah IAIN Sunan Gu- nung Jati, 1996.

Sardar, Ziadudin. Sains, Teknologi dan Pembangunan di Dunia Islam. Bandung: Pustaka, 1989.

Muhammad Rajali, Elazhari, Khairuddin Tampubolon, (2021). Pencocokan Kurva Dengan Metode Kuadrat Terkecil dan Metode Gauss. AFoSJ-LAS: Journal All Field of Science J-LAS, 1(1), 14-22. From: https://j-las.lemkomindo.org/index.php/AFOSJ-LAS/article/view/9

Khairuddin Tampubolon, Fider Lumbanbatu (2020), Analisis Penggunaan Knalpot Berbahan Komposit Untuk Mengurangi Tingkat Kebisingan Pada Motor Suzuki Satria, Jmemme: Journal Of Mechanical Engineering, Manufactures, Materials And Energy, 4(2), 174-182. From: http://www.ojs.uma.ac.id/index.php/jmemme/article/view/4065.

Mahyudin Situmeang, Khairuddin Tampubolon (2020), Pengaruh Etika Administrasi Terhadap Pelananan Aparat Desa Pada Kantor Desa Sei Rotan Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang, Jurnal Prosiding Seminar Nasional Hasil Penelitian, 3(1), 99-107. From: https://e-prosiding.umnaw.ac.id/index.php/penelitian/article/view/514.

Sholeh, A. Khudhori. “Mencermati Gagasan Islamisasi Ilmu Faruqi.” Jurnal el-Harakah. Edisi 57 Tahun XXII, Desember 2001 – Peb- ruari 2002.

Sugiyono. Memahami Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alpha- beta, 2005.

Zainuddin, M. UIN: Menuju Integrasi Ilmu dan Agama. dalam Me- madu Sains dan Agama Menuju Universitas Islam Masa Depan. M. Zainuddin (Ed.), Malang: Bayumedia, 2004.

Zarkasyi, Hamid Fahmi. “Makna Sains Islam.” dalam Jurnal Islamia. Vol. III No. 4.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Book Chapter of Proceedings Journey-Liaison Academia And Society ini diterbitkan oleh:

Lembaga Komunikasi dan Informasi Dosen (LEMKOMINDO).

e-ISSN: 2829-6036

p-ISSN: 2829-565X