Integrasi Psikologi Islam dengan Agama

Muhammad Ilham Syahputra

Abstract


Tulisan ini membahas garis besar tentang Pengertian Psikologi, Integrasi Psikologi dengan Agama, Pengertian Psikologi dan Agama, Konsep Metodologi Psikologi, Pendekatan dalam Psikologi Islam, Metode-Metode Psikologi. Di dalam Alquran, ada 3 kepribadian yang dijelaskan oleh Allah swt dan rasul-Nya Muhammad saw, ada kepribadian orang yang beriman, kepribadian orang yang kafir dan kepribadian orang yang munafik. Kepribadian yang baik maka menghasilkan sikap dan perilaku yang baik pula, mengutamakan sikap disiplin, etos kerja, keyakinan dalam beragama dan berlaku baik kepada sesama dan toleransi. Berbeda dengan perilaku orang kafir dan munafik yang selalu saja merasa benar, dan egoisme tinggi, tentulah dalam hal ini orang kafir yang harbi dan bukan orang kafir yang dzimmi.Kata Kunci: Integrasi; Psikologi; Islam; Agama.

Full Text:

PDF

References


Basiaman, H. D. (1996). Integrasi Psikologi dengan Islam: Menuju Psikologi Islami. Yogyakarta: Yayasan Insan Kamil dan Pustaka Pelajar.

Bastaman, H. D. (1996). Integrasi Psikologi dengan Islam: Menuju Psikologi Islami. Yogyakarta: Yayasan Insan Kamil dan Pustaka Pelajar.

Chaplin, P. (1995). Kamus Lengkap Psikologi, Terj. Kartini Kartono. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Khairuddin Tampubolon, 2020, Elemen-Elemen Mesin Bensin pada Mobil dan Perawatannya, Inteligensia Media (Kelompok Penerbit Intrans Publishing), 1 Mar 2020 - 346 halaman- URL: https://books.google.co.id/books/about/Elemen_Elemen_Mesin_Bensin_pada_Mobil_da.html?id=Knf8DwAAQBAJ&redir_esc=y.

Masyharuddin, M. A. (2002). Intelektualisme Tasawuf, Studi Intelektualisme Tasawuf Al-Ghazali. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mubarok, H. (2019). Pendekatan Psikologi Agama dalam Pembelajaran Akidah Akhlak di MA Al-Mukhlisin Kampao Blega Bangkalan. Risalah Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 5 No 2, 179.

Mudzakir, A. M. (1993). Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: Trigenda Karya.

Mujib, M. d. (1993). Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: Trigenda Karya.

Munawir, A. W. (Tth). Al-Munawwir: Kamus Arab Indonesia. Yogyakarta: Unit Pengadaan Buku Ilmiah Keagamaan Pondok Pesantren Al-Munawir.

Najati, M. U. (2005). Psikologi dalam Al-Qur'an. Bandung: CV Pustaka Setia.

Najati, M. U. (2005). Psikologi dalam Al-Qur'an. Bandung: CV Pustaka Setia.

Nashori, F. (1997). Psikologi Islam, Agenda Menuju Aksi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nawawi, R. S. (2000). Metodologi Psikologi Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rahmat, J. (2005). Psiokologi Agama Sebuah Pengantar. Bandung: Mizan.

Rakhmat, J. (2002). Psikologi Agama. 2002: PT Raja Grafindo.

Shihab, Q. (1983). Tafsir Al-Quran dengan Metode Maudhu'i Dalam Beberapa Aspek Ilmiah Tentang Al-Quran. Jakarta: Perguruan Tinggi Ilmu Al-Quran.

Subandi. (1999). Diktat Kuliah Psikologi Agama. Yogyakarta: Fakultas Psikologi UGM.

Wilcox, L. (2003). Ilmu Jiwa Berjumpa Tasawuf, Terj. Harimurti Bagoesoko. Jakarta: PT. Serambi Ilmu Semesta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Book Chapter of Proceedings Journey-Liaison Academia And Society ini diterbitkan oleh:

Lembaga Komunikasi dan Informasi Dosen (LEMKOMINDO).

e-ISSN: 2829-6036

p-ISSN: 2829-565X