Integrasi Ilmu-Ilmu Agama Islam dengan Ilmu-Ilmu Umum dan Implikasinya Terhadap Pendidikan

Uswatun Dalimunthe

Abstract


Pembauran ilmu pengetahuan agama Islam dan ilmu umum merupakan isu yang cukup lama di perbincangkan, paradigma kedua ilmu tersebut dikembangkan secara berbeda sesuai dengan landasannya yang beragam. Perpaduan agama dan Sains tidak dapat dipungkiri sebagai pencetak jejak-jejak peradaban yang tinggi di masa silam, Baik itu ilmu agama maupun pengetahuan merupakan upaya sosial dan budaya yang kompleks serta bervariasi yang telah berubah seiring waktu. Kajian ini mencoba untuk menganalisis integrasi ilmu agama dan ilmu-ilmu umum yang identitas atau watak dari masing-masing kedua entitas itu tak mesti hilang dan harus tetap dipertahankan. Melalui penelitian literatur ini diketahui bahwa integrasi agama dan Sains berimplikasi pada pendidikan Islam antara lain pada pendidikan madrasah masih menghadapi problematika institusional-keilmuan dan metodologis, untuk itu dibutuhkan paradigma integratif agar menjembatani kesenjangan antara pendidikan agama dan pendidikan umum.Kata Kunci: Integrasi ilmu, Dikotomi, Ilmu-ilmu Islam, Sains.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. Amin. Islamic Studies Di Perguruan Tinggi: Pendekatan Integratif-Interkonektif, Cet. ke-1. Yogyakarta: Penerbit Pustaka Pelajar, 2006.

Abdurrahman Mas‘ud, Menggagas Format Pendidikan Nondikotomik: Humanisme Religius Sebagai Paradigma Pendidikan Islam, Yogyakarta: Gama Media, 2002.

Ahmad Munir Muryi, al-Tarbiyah al-islamiyah: Ushuluha Wa Tathawwuruha, Kairo: Maktabah Dar al-`Alam, 1986.

Arif, Mahmud, Pendidikan Islam Transformatif, Yogyakarta: LKiS, 2008.

Bahtiar, Amsal, Filsafat Agama, Jakarta :Logos Wacana Ilmu, 1999.

Bakar Osman, Tauhid & Sains; Perspektif Islam tentang Agama dan Sains, terjemahan Yuliani Liputo dan M. S. Nasrulloh, Bandung: Pustaka Hidayah, 2008.

Barizi Ahmad, Integrasi Keilmuan Pendidikan Islam, Malang: UIN-Maliki Press, 2011.

Moh Dahlan, "Relasi Sains Modern dan Sains Islam: Suatu Upaya Pencarian Paradigma Baru", Iurnal Ilmu Pengetahuan Sains Vol 12, Nomor 2, Juli-Desember 2009.

Etin Anwar, Integrasi Ilmu Umum dengan Ilmu Agama, Bandung: Gunung Djati Press, 2006.

F. Haught, Jhon, Science and Religion: From Conflict to Conversation, Perjumpaan Sains dan Agama, Trans. Fransiskus Borgias, Bandung: Mizan, 2004.

H. Baharuddin dkk, Dikotomi Pendidikan Islam; Historisitas dan Implikasi Pada Masyarakat Islam, Bandung: Rosdakarya, 2011.

Hassan, Usman, The Concept of Ilm and Knowledge in Islam, The Association of Muslim Scientists and Engineers, 2003.

Istikomah, I. Integrasi Sains Dan Agama Di Perguruan Tinggi Sebagai Upaya Mengikis Dikotomi Ilmu. Tadrisuna: Jurnal Pendidikan Islam Dan Kajian Keislaman, 2019.

Nasr Sayyed Husain, Islamic Science, London: World of Islam Festival Publishing Co.Ltd, 1976.

Elazhari, 2019. Policy In the development of social development in society: Study of implementation of regional regulation number 4 of 2008 concerning handling of homeless and beggar in the …

Elazhari, 2021. Pengaruh Motivasi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di SMP Negeri 2 Tanjung Balai, AFoSJ-LAS: Journal All Field of Science J-LAS, 1(1), 44-53. From: https://j-las.lemkomindo.org/index.php/AFOSJ-LAS/article/view/7.

Muhammad Rajali, Elazhari, Khairuddin Tampubolon, (2021). Pencocokan Kurva Dengan Metode Kuadrat Terkecil dan Metode Gauss. AFoSJ-LAS: Journal All Field of Science J-LAS, 1(1), 14-22. From: https://j-las.lemkomindo.org/index.php/AFOSJ-LAS/article/view/9

Khairuddin Tampubolon, 2020, Elemen-Elemen Mesin Bensin pada Mobil dan Perawatannya, Inteligensia Media (Kelompok Penerbit Intrans Publishing), 1 Mar 2020 - 346 halaman- URL:

https://books.google.co.id/books/about/Elemen_Elemen_Mesin_Bensin_pada_Mobil_da.html?id=Knf8DwAAQBAJ&redir_esc=y.

Piet A. Sahertian, Konsep Dasar dan Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan Sumber Daya Manusia, Jakarta: Rineka Cipta, 2000.

Ramzy, Achmad, Mengintegrasikan Ilmu Pengetahuan Dan Ilmu Agama, Jakarta: Perta, 2004.

Rosda, Kamus Filsafat, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1995.

Shihab, Quraish, Membumikan Alquran, Bandung: Mizan, 1992.

S. Praja, Juhaya, Aliran-Aliran Filsafat dan Etika, Jakarta: Kencana, 2005.

Sudjana, Eggi, Islam Fungsional, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2008.

Syamsul Arifin, Kritik Ismail Raji al-Faruqi Terhadap Fenomena Dikotomi Pendidikan Islam, Tesis. Yogyakarta: Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, 1997.

Umiarso, Nur Zazin, Pesantren di Tengah Arus Mutu Pendidikan: Menjawab Problematika Kontemporer Manajemen Mutu Pesantren, Semarang: RASaiL, 2010.

Yunus, Mahmud, Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Pustaka Muhammadiyah, 1960.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Book Chapter of Proceedings Journey-Liaison Academia And Society ini diterbitkan oleh:

Lembaga Komunikasi dan Informasi Dosen (LEMKOMINDO).

e-ISSN: 2829-6036

p-ISSN: 2829-565X