Integrasi Ilmu – Ilmu Agama Islam dengan Ilmu – Ilmu Umum

Riyan Syahputra

Abstract


Integrasi ilmu – ilmu agama Islam dengan ilmu – ilmu umum tentulah mempunyai pandangan yang berbeda. Akan tetapi, hubungan antara ilmu – ilmu agama Islam dengan ilmu – ilmu umum saling berkontribusi penting dalam kehidupan manusia. Ilmu –ilmu tersebut tidak dapat dipisahkan dan harus lebih ditingkatkan keselarasannya. Agama berdiri sebagai pedoman yang menunjukan segala aturan tata kehidupan yang terdapat dalam kitab suci dan harus ditaati. Sedangkan ilmu umum yang orientasinya pada interaksi komunikasi yang ada di dalam masyarakat. Kedua ilmu tersebut mempunyai hubungan erat yang berintegrasi pada moral, etika, tingkah laku, dan kemasyarakatan.Metode penelitian yang digunakan yaitu literatur. Dari hasil analisis didapatkan bahwa Integrasi ilmu pengetahuan (sains) dan agama islam memanglah memiliki sudut pandang yang berbeda. Namun dalam hal ini, keselarasan antara keduanya haruslah ditingkatkan. Karena keduanya memiliki peran penting dalam kehidupan manusia dan kemajuan sebuah bangsa.Kata Kunci: Hubungan; Ilmu Agama Islam; Ilmu UmumAbstract

Full Text:

PDF

References


Abdul Majid et, al, 2011, Pendidikan karakter Perspektif Al-Qur’an, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Aprison, Wedra. Mendamaikan Sains dan Agama: Mempertimbangkan Teori Harun Nasution. Jurnal Pendidikan Islam. Vol. IV. 2015 Nomor 2.

Arifin, Zainal. Pendidikan Islam Dalam Perspektif Filsafat Ilmu. Jurnal Pendidikan Islam. Vol XIX. 2014. Nomor 1.

Arifudin, Iis. Integrasi Sains dan Agama Serta Implikasinya terhadap Pendidikan. Jurnal Edukasi Islamika. Vol. 1 2016. Nomor 1.

Baiquni, Achmad. 1997. Al-qur'an dan Ilmu Pengetahuan Kealaman. Yogyakarta: Dana Bhakti Prima Yasa.

Baharuddin,et, al, 2011, Dikotomi Pendidikan Islam: Historisitas dan implikasi pada masyarakat Islam, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Dahlan, Moh. Relasi Sains Modern dan Sains Islam: Suatu Upaya Pencarian Paradigma Baru. Jurnal Ilmu Pengetahuan Sains. Vol 12, 2009, Nomor 2.

Hidayatullah, Syarif. Agama dan Sains: Sebuah Kajian Tentang Relasi dan Metodologi. Jurnal Filsafat, Vol 29. 2019. Nomor 1.

Hidayat, Fahri. Pengembangan Paradigma Integrasi Ilmu: Harmonisasi Islam dan Sains Dalam Pendidikan, Jurnal Pendidikan Islam Vol IV. 2015. Nomor 2.

Imam Suprayogo, 2006, Paradigma Pengembangan Keilmuan Islam Perspektif UIN Malang, Malang: UIN-Malang Press.

Masduki, Pendidikan Islam dan Kemajuan Sains: Historisitas Pendidikan Islam yang Mencerahkan. Jurnal Pendidikan Islam. Vol. IV. 2015. Nomor 2.

Nasr, Seyyed Hossein. 2014. Tiga Mazhab Utama Filsafat Islam (Ibnu Sina, Suhrawardi, dan Ibnu 'Arabi), Yogyakarta: IRCISOD.

Nuraini, Mengintegrasikan Agama, Filsafat, dan Sains, Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 2. 2016. Nomor 1.

Soleh, Khudori. 2012. Epistimologi Ibn Rusyd: Upaya Mempertemukan Agama & Filsafat, Malang: UIN-MALIKI PRESS.

Waston, Hubungan Sains dan Agama: Refleksi Filosofis Atas Pemikiran Ian G. Barbour, Jurnal Studi Islam, vol. 15, 2014, Nomor 1.

Annisa, R., & Nasution, L. (2021). Pengaruh Tingkat Pendidikan Dan Pelatihan Terhadap Motivasi Kerja Pegawai di Kantor Asrama Haji Medan. AFoSJ-LAS (All Fields of Science J-LAS), 1(4), 170-183.

Tarigan, F. N., & Nasution, A. F. (2021). Analisis Kesulitan Belajar Mahasiswa Terhadap Kemampuan Berbahasa Inggris. AFoSJ-LAS (All Fields of Science J-LAS), 1(1), 38-43.

Elazhari, E., Siregar, B., & Parinduri, R. Y. (2021). Pengaruh Motivasi Kepala Sekolah Terhadap Kinerja Guru Di SMP Negeri 2 Tanjung Balai. AFoSJ-LAS (All Fields of Science J-LAS), 1(1), 44-53.

Gamiarsi, R., Sukmawarti, S., & Alinur, A. (2021). Pengembangan Media Ajar Berbasis Digital pada Materi Bangun Datar di Kelas IV SD. AFoSJ-LAS (All Fields of Science J-LAS), 1(4), 245-253.

Lubis, F. R., & Siregar, M. (2021). Pengaruh Pengembangan Profesional dan Kompetensi Terhadap Prestasi Kerja Dosen pada Universitas Graha Nusantara Padangsidimpuan. AFoSJ-LAS (All Fields of Science J-LAS), 1(4), 299-301.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Book Chapter of Proceedings Journey-Liaison Academia And Society ini diterbitkan oleh:

Lembaga Komunikasi dan Informasi Dosen (LEMKOMINDO).

e-ISSN: 2829-6036

p-ISSN: 2829-565X