Panduan Penulisan

[Layout-Page Setup halaman awal yaitu:

top: 4 cm, left: 3 cm, right: 3 cm, base: 3cm, Spasi: 1.15]

Judul Penelitian dan PKM

[Font: Cambria, size: 14, Bold], ditulis huruf Kapital di setiap awal kata (Capitalize Each word), kecuali kata sambung

 

Title for English [Font: Cambria, size: 14, Italic Bold]

 

Nama Penulis1* , Nama Penulis2[Font: Cambria, size: 12, Normal]

1,2…Institusi [Font: Cambria, size: 12, Normal]

Corresponding author*E-mail: namapenulis@gmail.com[Font: Cambria, size: 10, italic]

Abstrak

[Cambria, Size: 10, Bold, left: 4cm right: 4cm]

Abstrak merupakan gambaran singkat dari keseluruhan artikel atau karya tulis ilmiah, yang isinya memuat empat komponen, yaitu: (1) Masalah dan tujuan; (2) Metoda yang digunakan; (3) Hasil dan Pembahasan; dan (4) Simpulan dan Saran. Abstrak ditulis dalam dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan Inggris. Selain itu, abstrak ditulis dalam satu paragraf tanpa catatan kaki atau kutipan pustaka, satu spasi, dan paling banyak memuat Maksimal 250 kata dalam bahasa Indonesia. Abstrak dalam bahasa Inggris menyesuaikan.

Kata Kunci: terdiri dari 3 sampai 5 kata dan/atau kelompok kata, sesuai urutan abjad, dan antara kata kunci dipisahkan oleh titik koma (;)[Font: Cambria, size: 10, normal]

 

Abstract

[Cambria, Size: 10, Italic Bold, left: 4cm right: 4cm]

Abstract is a short description of an article or scientific paper consisting four components, namely: (1) Problem and objective; (2) Method; (3) Result and Discussion; and (4) Conclusion and Suggestion. Abstract is written in two languages, that is, Indonesian and English. Besides, abstract is written in one paragraph without any footnote or citation, single space among rows, and conveying 250 words.

Keyword: terdiri dari 3 sampai 5 bagian /atau kelompok kata, sesuai urutan abjad, dan antara kata kunci dipisahkan oleh titik koma (;)[Font: Cambria, size: 10, italic].


[Layout-Page Setup halaman setelah halaman awal dan seterusnya yaitu:

Font: Cambria, size: 11, Normal, top: 3 cm, left: 3 cm, right: 3 cm, , base: 3cm. spasi: 1.15, Paragraf: 1.25 cm]

PENDAHULUAN

Diantaranya berisi: latar belakang, perumusan masalah, tujuan, kajian teori dan hasil observasi, pengembangan, atau kajian sebelumnya yang relevan dengan pembahsan.

Di dalam Pendahuluan tidak perlu menggunakan sub-sub judul.

 

METODE PENELITIAN

Meliputi Cara Pelaksanaan Penelitian, tata cara/ teknik pengumpulan data/informasi, tempat dan waktu, serta proses pengolahan dan analisis data/ informasi. Di dalam Metoda tidak perlu menggunakan sub-sub judul.

 

HASIL DAN PEMBAHASAN

Meliputi penyajian data/informasi dan Foto kegiatan Penelitian yang diperoleh dan menganalisis data/informasi sesuai dengan tujuan penulisan artikel. Di dalam uraian tentang Hasil dan Pembahasan, dapat menggunakan sub-sub judul sesuai dengan permasalahan yang dibahas. Sub judul ditulis dengan huruf tebal dan miring. Apabila terdapat sub-sub judul, maka sub-sub judul ditulis miring tetapi tidak tebal. Uraian tentang Hasil dan Pembahasan harus didukung oleh rujukan/ referensi.

Pembahasan harus fokus. Jika artikelnya melakukan percobaan, maka hasil percobaan sebaiknya ditampilkan dalam bentuk grafik atau pun tabel. Keterangan gambar, grafik atau carta (caption) mengunakan “References-Insert Caption” yg sudah ada di menu word office, jenis huruf Arial dengan ukuran huruf (font size) 9 dan diposisikan di center di bawah gambar.

Ukuran gambar:

Potrait = 7 X 5 cm

Landscap=  5 X 7 cm

Gambar dan tabel harus diletakkan sedekat mungkin dengan teks yang berhubungan. Hindari penggunaan gambar dan tabel berwarna, karena jurnal akan dicetak hitam- putih. File gambar harus disertakan dalam format .gif, .jpg, .bmp, .png, .psd, atau .ai. Semua gambar dan tabel harus disertai keterangan dan nomor gambar atau tabel dengan menggunakan References-Insert Caption- dari Word Office.

Bagian ini menyajikan hasil penelitian. Hasil penelitian dapat dilengkapi dengan tabel, grafik (gambar), dan/atau bagan. Bagian pembahasan memaparkan hasil pengolahan data, menginterpretasikan penemuan secara logis, mengaitkan dengan sumber rujukan yang relevan (sitasi). Bagian hasil dan pembahasan ini ditulis secara full text dan dihindari menggunakan sub bab.

Contoh format tabel dan gambar hasil penelitian:

 

Table 1. Penamaan tabel dengan References-Insert Caption dari menu Word [Font: Arial, size:, 9].

Spesimen

Tebal (mm)

Koefisien Serap Suara (a)

125 Hz

250 Hz

500 Hz

1000 Hz

2000 Hz

D1

10

0,856

0,267

0,701

0,958

0,533

30

0,043

-0,584

0,466

0,015

0,793

50

0,646

0,165

-0,237

-0,249

0,655

D2

10

-0,312

0,738

0,428

-1,915

0,339

30

0,819

-0,207

0,405

0,653

-1,515

50

-0,697

-0,179

0,147

-1,771

-0,896

 

SIMPULAN DAN SARAN (jika tidak ada saran tidak perlu judul saran ditampilkan)

Simpulan harus mengindikasikan secara jelas hasil-hasil yang diperoleh, kelebihan dan kekurangannya, serta kemungkinan pengembangan selanjutnya. Simpulan merupakan sintesa kesesuaian antara masalah, tujuan, dan hasil. Penulisan simpulan tidak menggunakan pointer dan penomoran tetapi menggunakan alinea. Saran merupakan tindak lanjut atau implementasi dari simpulan.

DAFTAR PUSTAKA [Cambria 12, bold]

Penulisan referensi dan sitasi yang diacu dalam naskah ini disarankan menggunakan aplikasi referensi seperti Mendeley atau reference manager dengan jenis sitasi mengikuti standar IEEE Style [Font: Cambria, size: 11, 1 spasi]

Penulisan referensi IEEE style adalah dalam bentuk nomor dalam kurun persegi pada baris yang sama dengan teks, sebelum tanda baca apapun, dengan sebuah spasi sebelum tanda kurung.

Contoh:

             “. . .end of the line for my research [13].”

             “Scholtz [2] has argued. . . .”

Jumlah referensi yang disitasi minimal 15 artikel ilmiah (diutamakan dari jurnal ilmiah dan buku teks).

Artikel yang dikirimkan wajib mensitasi paling sedikit 5 (Lima) artikel yang sebelumnya telah diterbitkan di jurnal Journal Liaison Academia and Society (J-LAS).