Cara Menanam Jahe di Dalam Polybag dengan Menggunakan Pupuk Kompos dan Tanah

Roswita Oesman

Abstract


Tujuan Penyuluhan Untuk memberitahukan kepada masyarakat setempat bahwa menanam jahe dengan menggunakan kompos dan polybag sangat praktis dan tidak banyak mengeluarkan biaya. Pengabdian kepada masyarakat (PKM) ini dilaksanakan dalam bentuk kegiatan penyuluhan, kemudian dilanjutkan dengan pelatihan cara menanam jahe di dalam Polybag dengan menggunakan pupuk kompos dan tanah yang dilakukan secara langsung oleh pelaksana PKM. Hasil kegiatan PKM ini berupa kesimpulan yaitu: 1) Jahe (zingiber officinale) merupakan salah satu komoditas ekspor rempah-rempah Indonesia yang memberikan peranan cukup berarti dalam penerimaan devisa negara, 2) Untuk memberitahukan kepada masyarakat setempat bahwa menanam jahe dengan menggunakan kompos dan polybag sangat praktis dan tidak banyak mengeluarkan biaya, 3) Kompos merupakan bahan organik seperti daun-daunan, jerami, alang-alang, rumput-rumputan, dedak padi, batang jagung, serta kotoran hewan yang telah mengalami proses dekomposisi ole mikroorganisme pengurai, sehingga dapat dimanfaatkan untuk memperbaiki sifat-sifat fisik dan kimia tanah, 4) Pengomposan adalah proses dimana bahan organik mengalami penguraian secara biologis, khususnya oleh mikroba-mikroba yang memanfaatkan bahan organik sebagai sumber energi.Kata Kunci: Cara Menanam; Jahe; Polybag; Kompos; Tanah.

Full Text:

PDF

References


Anonimus. 2001. Macam-macam Mulsa Organik. Penerbit Swadaya, Jakarta.

Lingga P. dan Marsono. 2001. Petunjuk Penggunaan Pupuk. Penerbit Swadaya. Jakarta.

Novizan. 2013. Petunjuk Pemupukan Yang Efektif. Penerbit PT. Agromedia Pusaka. Jakarta.

Paramitasari, D. R. 2011. Panduan Praktis, Lengkap dan Menguntungkan Budi Daya

Rimpang, Jahe, Kunyit, Kencur dan Temulawak. Penerbit Cahaya Atma. Yogyakarta.

Purwowidodo. 1983. Teknologi Mulsa. Dewa Ruci Press. Jakarta.

Purwo, A. 2011. Biokimia Konsep-konsep Dasar. Penerbit ITB Press. Bandung.

Rosmarkum A. dan Yuwono N.W. 2002. Ilmu Kesuburan Tanah. Penerbit Kanisius. Yogyakarta.

Rukmana, R. 2010. Ubi Jalar Budidaya Pasca Panen. Penerbit PT.Agromedia Pusaka. Jakarta.

Santoso, H.B. 1994. Jahe Gajah. Penerbit Kanisius. Yogyakarta.

Wiskandar. 2012. Pemanfaatan Pupuk Kandang untuk Memperbaiki Sifat Fisik Tanah di Lahan Krisis yang Telah Di Teras. Kongres Nasional VII.

Khairuddin Tampubolon, dkk (2021); Penyuluhan Tentang Mengenal Mesin Pompa Air dan Cara Perawatannya di Serikat Tolong Menolong Nurul Iman (STMNI) Kelurahan Timbang Deli Kecamatan Medan Amplas; J-LAS (Journal Liaison Academia and Society);V.1,No.2;(1-8).

Roswita Oesman, Rahmaniah Rahmaniah (2021); Sosialisasi Cara Membuat Sabun Cair untuk Rumah Tangga di Gang Fortuna Kelurahan Timbang Deli, Kecamatan Medan Amplas; J-LAS (Journal Liaison Academia and Society);V.1,No.2;(47-53).

Surya Irawan, K Tampubolon, ELAZHARI (2021), Pelatihan Pembuatan Pupuk Cair Organik Dari Air Kelapa Dan Molase, Nasi Basi, Kotoran Kambing Serta Activator Jenis Produk EM4; J-LAS (Journal Liaison Academia and Society);V.1,No.2;(1-18).

Ida Zulfida, dkk (2021), Pelatihan Pemanfaatan Tera Box Cloud Dalam Menunjang Kegiatan Mengajar Dosen; J-LAS (Journal Liaison Academia and Society);V.1,No.2;(53-60).

Ahmad Karim, dkk (2021), Pelatihan Pengolahan Nilai Mahasiswa Menggunakan Aplikasi Excel Bagi Dosen; J-LAS (Journal Liaison Academia and Society);V.1,No.2;(68-74).

Ida Zulfida, Eri Samah (2021), Membangun Desa Mandiri Melalui Optimalisasi Penggunaan Dana Desa; J-LAS (Journal Liaison Academia and Society);V.1,No.1;(19-22).

Tampubolon, K., Parinduri, R. Y., & Syafii, M. (2020). Pengembangan Bolu Tape Multi Varian dan Rasa di Kelurahan Kedai Durian Kecamatan Medan Johor., (pp. 385-396). medan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


J-LAS (Journal Liaison Academia and Society)
e-ISSN: 2798-0871; p-ISSN: 2798-1061